Diary Kiranti

Diary Kiranti

Author Topic: Keramas dan potong kuku saat Menstruasi untuk wanita muslim  (Read 515 times)

admin

  • Administrator
  • Newbie
  • *****
  • Posts: 20
    • View Profile
Keramas dan potong kuku saat Menstruasi untuk wanita muslim
« on: March 22, 2017, 02:30:54 PM »
"Ada rumor yang beredar di kalangan wanita muslim saat menstruasi adalah tidak boleh keramas dan potong kuku.

Setelah cari melalui web ternyata rumor yg beredar hanya di tangkap sebagian saja, atau istilahnya di telan mentah-mentah, dan berikut artikel yg bisa menjawab rumor-rumor tersebut:

Hukum Keramas

Orang yang sedang haid atau nifas tidak dilarang mandi keramas untuk membersihkan rambutnya. Yang tidak diperbolehkan adalah mandi dengan niat menghilangkan hadas haid dan nifasnya, padahal haid atau nifasnya belum selesai, sebab ia berarti telah bermain-main dalam ibadah.
Kemungkinan, rumor tidak bolehnya keramas bagi wanita haid atau nifas itu muncul karena khawatir ada rambut yang lepas pada saat rambut tersebut dalam status hadas dan tidak ikut disucikan ketika haid atau nifas telah putus. Rumor tersebut tidak benar, sebab menghilangkan rambut atau kuku pada saat haid atau nifas tidak sampai dilarang. Ulama hanya menganjurkan bagi orang yang sedang junub agar tidak menghilangkan bagian dari tubuhnya dengan sengaja sebelum mandi junub dilakukan.

Hukum Potong Kuku

Hukumnya boleh memotong rambut dan kuku bagi perempuan yang sedang haid dan tidak perlu mencuci rambut dan kuku yang sudah dipotong tersebut saat bersesuci atau saat mandi junub/jinabat. Karena tidak ada dalil hadits maupun Quran yang melarang seorang perempuan yang sedang haid memotong kuku dan rambutnya.

link : http://coretantari.wordpress.com/2013/05/03/hukum-keramas-potong-rambut-dan-kuku-saat-haid/"">http://coretantari.wordpress.com/2013/05/03/hukum-keramas-potong-rambut-dan-kuku-saat-haid/

Terjawab sudah untuk rumor-rumor tersebut, semoga bermanfaat."